Jumat, 04 Januari 2013

Apa Itu Fanfiction?


 Fanfiction atau biasa disebut dengan Fanfic,FF,Fic adalah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar,Fanfic bisa berlaku untuk film , komik, novel, selebritis dan karakter terkenal lainnya. Terkadang ada fanfic yang menyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, ada pula yang tidak.

 Alur dari fanfic sendiri merupakan hasil imajinasi dari fans.Dan fans ketika memebuat fanfiction mereka menggunakan konsep sederhana “What if…” atau “Bagaimana jika…”.
Dengan konsep itu fans bebas berimajinasi mengenai karakter kesayangan mereka.Untuk menghindari tuntutan mengenai hak cipta, penulis fanfic biasanya mencantumkan kategori “fanfic” dalam tulisannya dan memberikan disclaimer, semacam pengakuan hak cipta, untuk penulis aslinya. Sedangkan untuk menghindari protes atau pertanyaan dari fans lain, biasanya para penulis fanfic selalu memberikan sedikit catatan-catatan “peringatan” atas variasi-variasi eksperimen yang dia gunakan dalam fanfic-nya.

Dan hal-hal yang harus diketahui di dunia Fanfiction adalah :
  • Rating
 Rating adalah klasifikasi berdasarkan adegan, penggunaan bahasa, dan unsur-unsur lain yang berada dalam sebuah fanfic. Rating yang digunakan secara keseluruhan (Indonesia & Internasional):
G = General
PG-13 = Parent’s Guidance 13
PG-15 = Parent’s Guidance 15
NC-17 = No Child 17
NC-21 = No Child 21
R = Restricted
T = Teenager
M = Mature

  • Leght
~ Drabble
Terdiri dari 100-200 kata. Meskipun tidak tepat berjumlah 100-200 kata, yang penting drabble itu sangat pendek.

~ Ficlet
Lebih panjang dari drabble, tapi masih sangat pendek. Lebih pendek dari oneshot yang bisa mencapai 2,000-3,000 kata.

~ Oneshot
Dalam dunia penulisan biasa, dikenal sebagai cerpen. Jumlah kata bisa beribu-ribu, dan langsung berakhir/tamat
 
~ Double shot / Two shots
Cerita yang terdiri atas dua bagian.

~ Short story
Cerita bersambung yang hanya memiliki chapter/section/part lebih sedikit dari “Chaptered Fic”. Short story biasanya terdiri dari 4-5 shots saja.

~ Songfic
Cerita yang dituliskan dari lagu. Jadi setiap 1-2 kalimat dari lirik lagu, dibuat adegan cerita.

~ Chaptered / Series Fic
Seperti novel. Memiliki banyak sekali chapter, konflik boleh lebih dari satu.

~ Universe
Ruang, tokoh, dan inti cerita sama, tapi tiap cerita bisa tidak berkesinambungan. Bisa membaca salah satu saja tanpa membaca cerita yang lain. Bisa dibaca satu aja sebagai oneshot.
~ Crossover
Fanfic yang dibuat dengan menggabungkan dua cerita atau lebih. 

  • Genre
  1.  Romance
  2.  Angst / Tragedy
  3. Crack / Humor 
  4. Family
  5. AU [Alternate Universe: universe dimana para tokohnya memiliki latar atau pun keadaan yang sama sekali berbeda dengan aslinya. Contohnya,dalam suatu fanfic Cho Kyuhyun diceritakan sebagai Presiden direktur sebuah perusahaan dan memilki istri ,padahal dalam kenyataanya Kyuhyun bukan direktur sebuah perusahaan tapi dia seorang member Super Junior dan belum berkeluarga
  6. Mystery 
  7. Dark
  8.  Fluff
  9. Smut
ISTILAH LAINNYA :
Disclaimer : pernyataan untuk mendisclaim sesuatu dalam fanfic bahwa itu bukan orisinil milik kamu. Contohnya tokohnya, ataupun plot ceritanya.
~ Yaoi : Diambil dari istilah subgenre anime Jepang untuk menyebut kisah homoseksual atau BL atau shounen-ai. Yaoi digunakan dalam fanfic untuk kondisi yang sama. Biasa juga disebut Male Slash Fic (singkatnya : pairing boy x boy)
~ Yuri: diambil dari istilah subgenre anime Jepang untuk menyebut kisah lesbian atau shoujo-ai. Biasa disebut Female Slash Fic. (singkatnya : pairing girl x girl)
~ Het : Heteroseksual (Pairing boy x girl)
~ Beta-read : istilah untuk membaca ulang tulisan orang lain. mengubah dan memperbaiki kesalahan diksi, struktur, penggunaan punctuation, huruf besar, keefektifan kalimat, dll. orang yang mem-beta-read dinamakan beta-reader
~ OCs : original characters (karakter buatan author)
~ POV : Point of View. Sudut pandang yang dipakai author dalam menjabarkan ceritanya.

Dan berikut ini sebagian  web Fanfiction,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar